hotline

WISATA AGRO MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI

Beranjak dari potensi yang dimiliki oleh kawasan Desa Bukitcatu, Bedugul yang merupakan lahan pertanian yang subur dengan pemandangan yang indah, suasana sedikit dingin dan sejuk, dekat dengan kawasan wisata Danau Beratan yang telah terkenal di dunia maka sudah selayaknya kawasan ini dikembangkan untuk sebuah objek wisata berbasis lingkungan alam. Di samping menghindarkan lahan pertanian berubah menjadi hunian yang nantinya akan menjadi kumuh dan cenderung menimbulkan banjir untuk daerah hilir dengan lahan resapan semakin berkurang, perambahan hutan pun tidak dapat dihindarkan, jadi program “Go Green” tidak akan dapat terlaksana sesuai harapan.

Dengan kenyataan ini seorang petani yang sedikit mempunyai pengalaman sebagai suplayer sayur dan sering berkomunikasi dengan wisatawan tertarik dan terinspirasi untuk mengembangan wisata Agro di daerah ini. Mengingat persaingan sebagai suplayer sayur semakin ketat dan harga barang cenderung meningkat dan tidak menentu, Beliau mencoba mengawali dari pembuatan jalan yang bisa dilewati oleh motor roda empat untuk mempermudah pengankutan hasil panen dan pembawaan pupuk, walaupun dia kerjakan secara swadaya yang sangat sering rusak dan jebol di gerus air hujan, namun dia tidak pernah putus asa untuk memperbaikinya kembali.

Setiap petani yang ingin menjual tanah selalu diingatkan untuk tidak dijual dengan harapan penduduk di daerah ini tidak menjadi tamu di rumahnya sendiri, namun ada beberapa petani memaksa untuk menjualnya terpaksa dengan susah payah beliau berusaha untuk membelinya.

Dengan adanya proyek geotermal kini akses jalan sudah cukup baik untuk bisa dilewati oleh mobil-mobil mewah maupun Bus maka muncul suatu ide untuk menawarkan daerah ini sebagai kawasan Wisata Agro. Dengan harapan petani tidak menjual lahannya, agar mereka mampu bertahan dalam persaingan global ini. Beliau mencetuskan sebuah nama “Wisata Agro Pucak Bukit Catu Bedugul”suatu kawasan yang sangat sejuk, indah dan sangat cocok untuk melepas kepenatan dengan hiruk pikuk kehidupan di kota-kota besar. Anda dapat memetik buah strawberry sambil menikmati alam pegunungan dengan pemandangan yang sangat indah. Untuk pengunjung, dapat menikmati matahari terbit yang muncul diantara puncak Gunung Batur dan Gunung Agung sudah dicoba dibuatkan tempat menginap namun masih sangat jauh dari standar tapi cukup untuk bisa tidur dengan aman.